/Cara Melakukan Pemasaran

Cara Melakukan Pemasaran

Bagi para pelaku bisnis tentunya akan sangat memperhitungkan berapa produk yang akan terjual dipasaran, terlepas dari beban yang dipikul dengan besarnya modal yang harus dikeluarkan dalam membuat atau memproduksi suatu produk. Belum untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam proses pemasaran, ini akan banyak menguras tenaga, waktu dan biaya yang sangat besar pula.
Mungkin beberapa pelaku bisnis pemula kebingungan bagaimana cara untuk memasarkan sebuah produk supaya bisa dikenal minimal dan maksimalnya bisa terjual dengan laba yang begitu memuaskan. Hal inilah yang akan kita bahas dalam pemaparan saya kali ini, dan berikut beberapa cara dalam proses pemasaran :

Menentukan Produk

Jelas ini sangat berkaitan dengan income yang akan kita peroleh dari penjualan, produk apa yang akan membuat seorang pelanggan ingin kembali membeli produk anda, mengetahui keinginan dari pelanggan tentang produk yang akan ditawarkan.

Melakukan Prosedur Standar Pemasaran

Dalam marketing plan ada beberapa prosedur yang harus anda jalankan, ini berkaitan dengan jangka panjang dalam sebuah bisni. Anda harus mengingat empat P yaitu Product (produk), Place (tempat), Price (harga) dan Promotion (promosi). Keempat produr harus benar – benar anda gunakan dikala memiliki suatu usaha.

Menentukan Target Pasar

Hal berkaitan dengan tujuan kepada siapa dan dimana kita harus menjual produk tersebut, dan berikut beberapa metode yang perlu diperhatikan :
Pertama : Usia pelanggan, apakah produk kita cocok dengan semua usia atau tidak? ini tentunya harus menjadi pertimbangan yang kuat sebelum melakukan pemasaran.
Kedua : Jenis kelamin, mungkin sebagian produk bisa saja menjangkau semua kalangan entah itu seorang lelaki maupun perempuan. Akan tetapi apa jadinya ketika ingin memasarkan produk yang identik dengan laki – laki atau perempuan.
Ketiga : Pendapatan pelanggan, poin ini juga sangat mempengaruhi terhadap laku atau tidaknya produk yang kita buat, mengapa? karean jika kita menjual produk di atas harga 1 juta, apakah produk tersebut akan dibeli oleh seseorang yang mempunyai penghasilan di bawah 500 ribu? tentu tidak kan. Jadi anda harus benar – benar cermat dalam memilih target yang dilihat dari pendapatan pelanggan.

Mengenali Kompetitor (Pesaing)

Mengapa kita harus mengenali pesaing bisnis kita sendiri? secara kasat mata mungkin ini bukan hal yang menarik dan menguntungkan , akan tetapi ketika kita berfikir lebih jernih dan inovatif ini akan menjadi suatu peluang yang sangat menguntungkan bagi kelancaran dan kesuksesan bisnis kita. Dengan metode ini kita bisa mengetahui cara mereka (pesaing) melakukan pemasaran dan merangkul pelanggan, dari situ kita belajar bagaimana supaya produk kita bisa terkenal dan dibeli dipasaran.

Membuat Strategi Dalam Harga

Tujuan utama dalam proses pemasaran adalah bagaimana produk kita bisa dikenali oleh banyak orang dipasaran. Tapi terkadang kebanyakan orang ingin mencari keuntungan di awal – awal mendirikan suatu bisnis, memang metode ini akan sangat menguntungkan tapi di jangka waktu yang sangat pendek. Akan tetapi ketika kita bisa mengenalkan bahkan sampai bisa meyakinkan bahwa produk kita bisa dipercaya di pasaran, itu merupakan hal atau modal yang sangat besar untuk jangka waktu yang lama. Langsung ke intinya yaitu membuat harga sedikit lebih murah dari pesaing kita, seiring dengan perkembangan keeksistensian produk, kita bisa menaikannya secara perlahan.
Pemaparan diatas merupakan sedikit dari cara – cara yang bisa anda lakukan dalam proses pemasaran, semoga anda bisa lebih cermat dalam melakukan proses pemasaran produk anda. Good Luck…