/Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Bagi anda yang suka menekuni bisnis online dibidang teknologi khususnya dibidang internet mungkin harus memikirkan target pasar yang akan anda tuj. Hal ini penting sekali untuk memfokuskan sasaran dari pemasaran produk yang akan anda pasarkan, untuk itu dibutuhkan beberapa spesifikasi mengenai produk yang akan dijual, pasar sasaran, harga minimal, kesediaan bahan baku dan lain sebagainya.
Pemikiran ini dibutuhkan untuk lebih mudah dalam proses marketing, selain itu juga ini bisa membuat anda lebih konsistem dalam menjalankan bisnis. Sebelum kita lebih jauh mengenai apa yang harus anda lakukan selanjutnya untuk mengembangkan proses bisnis anda, ada baiknya anda menyimakn poin – poin di bawah ini, berikut ulasannya :

1. Menentukan Produk

Ada sebagian para pemula usaha yang kurang memperhatikan poin yang satu ini, mereka cendrung lebih memikirkan laba atau pendapatan terlebih dahulu dibandingkan dalam mempersiapkan prosuk yang akan dipersaingkan dipasaran. Untuk itu, anda tentunya harus melihatnya dari berbagai aspek seperti : Apakah produk tersebut sudah banyak tersebar di masyarakat luas atau pasar? Memilih dan memilah produk tentunya sangat penting, karena ketika kita ingin memasarkan produk yang memang sudah banyak yang memproduksi dan memasarkan dikalangan masyarakat tentunya akan sangat susah untuk kita saingi.

2. Sasaran Pasar

Jika anda berfikir semua produk dapat menembus segala bidang pasar atau kategori pasar mungkin iya,,akan tetapi jika dilihat dari segi peluang akan sangat impossible. Mengapa demikian? Karena kalau kita memasarkan suatu produk yang notabanenya digandrungi oleh anak muda tapi kita memasarkannya ke orang lanjut usia, apakah hal tersebut akan dengan mudah diterima oleh kalangan orang lanjut usia? Menurut saya sih agak konyol, tapi jika anda kerja keras sampai bisa meyakinkan orang tersebut mungkin bisa tapi yaa akan sangat jauh sekali. Jadi poin utamanya yaitu menargetkan orang yang akan kita tawari produk yang memang bisa diterima dan dikonsumsi atau dipakai oleh orang tersebut.

3. Mnentukan Harga Minimal dan Maksimal

Ini berkaitan dengan seberapa penting produk yang kita jual akan bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang tersebut, melihat setiap orang mempunyai pendapatan dan kebutuhan yang relative mengutamakan harga dibandingkan kualitas, meskipun tidak semua orang punya pemikiran tersebut mungkin ada beberapa orang dari sekian umat di dunia ini. Yaa intinya anda harus bisa memisahkan jangkauan konsumen dari produk anda.

4. Ketersediaan Bahan Baku

Ini juga sangat rentan jika anda bergerak dibidang produksi barang sendiri, entah itu berupa makanan atau pakaian. Apa jadinya jika konsumen mempunyai permintaan banyak tapi kita tidak bisa melayani keinginannya? Mungkin dalam benak saya konsumen tersebut akan kapok memesan barang dari kita lagi, hal inilah yang mungkin tidak terpikirkan atau jarang dipikirkan oleh seorang yang memulai usaha.
Pemaparan di atas merupakan sebagian cara atau tips dalam memulai usaha, meskipun hal tersebut menjadi tantangan yang agak sulit akan tetapi bisa membawa anda pada jalur bisnis yang bisa membantu anda dalam mengembangkan bisnis anda.